Sunday, December 2, 2012

contoh pidato dengan tema politik


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Kepada  bapak / ibu dosen yang saya hormati serta teman-teman yang saya banggakan. Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan syafaat serta hidayah kepada kita semua sehingga dalam kesempatan ini kita dapat berkumpul tanpa suatu halangan apapun. Selanjutnya  shalawat serta salam tidak lupa kita kirimkan kepada junjungan Nabiullah  Muhammad SAW beserta keluarganya,sahabatnya sampai kepada kita yang masih setia terhadap ajaran beliau.
Hadirin yang saya hormati.


Pada kesempatan hari ini saya akan menyampaikan tentang keterlibatan Agama dalam Politik. Dunia politik di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bahkan pilihan untuk masuk pada dunia politik lebih dipilih oleh masyarakat dibanding memilih profesi lain yang kemungkinan lebih menjanjikan. Entah apa yang menarik dalam dunia politik, sebagai masyarakat awam dan belum mengetahui benar seluk-beluk dunia politik, jujur saya cukup dibingungkan dan dibuat bertanya-tanya dengan sistem politik di Indonesia pada khususnya. Pada masa kini dunia politik telah banyak tercampur dengan unsur-unsur lain di luar politik. Salah satu diantaranya adalah keterlibatan agama dalam politik. Banyak para ulama yang memberikan sebuah ceramah tentang agama namun ujung-ujungnya terdapat himbauan untuk mengikuti Parpol A atau Parpol yang lainnya. Dalam ceramah tersebut pastilah para hadirin yang mengikuti ceramah akan sangat di bingungkan, apakah itu merupakan suatu yang harus diikuti ?, apakah itu merupakan bagian dari ajaran agama ?, dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan ditimbulkan. Dengan adanya politik yang tercampur dengan suatu agama menurut saya akan berdampak tidak baik terhadap sistem perpolitikan maupun agama itu sendiri, mengapa ? karena Masyarakat akan bingung membedakan agama dengan politik, bagaimana ajaran-ajaran agama maupun seperti apa politik itu sendiri. Menyikapi dari problematika tersebut pastilah opini-opini akan terbentuk dan pro kontra pastilah ada. Namun sebagai mahasiswa tidaklah penting kita menjadi orang yang asal menilai sebuah masalah tanpa melihat sisi lain dari masalah itu sendiri. Yang sebaiknya kita lakukan adalah membuat perbaikan dalam kesalahan tersebut.
Hadirin  yang berbahagia,
Marilah kita lebih bersemangat untuk mencari ilmu dan mengamalkannya, kita jadikan dunia politik yang benar-benar murni namun kita juga tidak meninggalkan ajaran agama, agama tidak untuk ajaran berpolitik, agama tidak untuk mencari masa, namun agama adalah tuntunan untuk melangkah maju menjadi lebih baik,sehingga Negara yang sejahtera dapat tercapai tanpa ternoda oleh Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.
 Demikian penyampaian pidato dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada salah kata maupun sesuatu yang tidak berkenan saya meminta maaf setulus-tulusnya.
Akhirulkalam
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

1 comment: