Tuesday, January 22, 2013

PERKIRAAN DAN ANTISIPASI TERHADAP MASYARAKAT MASA DEPAN



A.    Perkiraan Masyarakat Masa Depan
Pendidikan selalu berlangsung dalalm latar belakang kemasyarakatan dan kebudayaan tertentu. Perkembangan masyarakat beserta kebudayaanya sekarang ini makin mengalami percepatan serta meliputi seluruh aspek kehidupan dan penghidupan manusia. Percepatan perubahan itu terutama karena percepatan perkembangan iptek, utamanya teknologi informasi. Perubahan yang cepat itu mempunyai beberapa karakteristik umum yang dapat dijadikan petunjuk sebagai ciri masyarakat di masa depan, yaitu:

1.      Kecenderungan Globalisasi
Istilah globalisasi (asal kata: global yang berarti secara umumnya, utuhnya, kebulatannya) bermakna bumi sebagai satu keutuhan seakan-akan tanpa tapal batas administrasi Negara, dunia menjadi amat transparan, penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan bangsa yang bersangkutan.
Beberapa kecenderungan globalisassi:
a.       Bidang iptek yang mengalami perkembangan yang semakin dipercepat.
b.      Bidang ekonomi yang mengarah ke ekonomi regional dan atau ekonomi glonal tanpa mengenal batas-batas Negara.
c.       Bidang lingkungan hidup telah menjadi bahan pembicaraan dalam berbagai pertemuan internasional, yang mencapai puncaknya pada KTT Bumi.
d.      Bidang pendidikan dalam kaitannya dengan identitas bangsa, termasuk budaya nasional dan budaya-budaya nusantara.
2.      Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Perkembangan iptek yang makin cepat dalam era globalisasi merupakan salah satu cirri utama dari masyarakat masa depan.perkembangan iptek pada akhir abad ke 20 ini sangat mengesankan, utamanya dalam bidang-bidang transportasi, telokomunikasi dan informatika, genetika dan sebagainya. Perkembangan iptek terseb,ut dapat berdampak positif ataupun negative tergantung pada kesiapan bangsa beserta kondisi social budayanya untuk menerima limpahan infornasi itu. Segi positifnya antara lain memudahkan untuk mengikuti perkembangan iptek yang terjdi di dunia, menguasai dan menerapkannya untuk memenuhi kebutuhan pembangunan, sedangkan segi negatifnya akan timbul apabila  kondisi social budaya belum siap menerima limpahan itu.
3.      Perkembangan Arus Komunikasi yang Semakin Padat dan Cepat
Salah satu perkembangan iptek yang luar biasa adalah yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi dsb. Seperti telah dikemukakan bahwa kemajuan itu telah mendorong perubahan masyarakat dari masyarakat industry menjadi masyarakat informasi; dan untuk Indonesia, terjadi perubahan yang hamper serentak dari masyarakat pertanian ke industry dan massyarakat informasi. Sekedar beberapa contoh pemakaian setelit komunikasi computer, dan sebagainya telah membuka peluang surat elektronit, surat kabar elektronit, system cetak jarak jauh, siaran televise langsung dari setelit ke rumah-rumah dll. Seiring dengan itu, komunikasi antarmanusia yang berbeda dalam latar kebangsaan dan kebudayaan makin meluas karena kemajuan tranportasi dan telekomunikasi..
4.      Peningkatan Layanan Profesional
Salah satu cirri penting masyarakat masa depan adalah meningkatnya kebutuhan layanan professional dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Karena perkembangan iptek yang makin cepat sserta perkembangan  arus informasi yang semakin padat dan cepat, maka anggota masyarakat masa depan semakin luas wawasan dan pengetahuannya serta daya kritis yang semakin tinggi. Oleh karena itu, manusia masa depan tersebut makin menuntut suatu kualitas hidup yang lebih baik, termasuk berbagai layanan yang dibutuhkan. Layanan yang diberikan oleh pemangku profesi tertentu,atau prifesional, akan semakin penting untuk kebutuhan masyarakat tersebut.
Profesi adalah suatu lapangan pekerjaan dengan persyaratan tertentu, suatu vokasi khusus yang mempunyai cirri-ciri tertentu: keahlian, tanggung jawab, kesejawatan.  Profesi sebagai suatu vokasi yang memerlukan teknik dan prosedur kerja yang haurs dipelajari secara sengaja dan dalam waktu tertentu untuk diabdikan sebagai layanan untuk kemaslahatan orang lain, serta ditandai oleh ketanggapan yang bijaksana.
B.     Upaya Pendidikan dalam Mengantisipasi Masa Depan
Pendidikan berkewajiban mempersiapkan generasi baru yang sanggup menghadapi tantangan zaman baru yang akan dating. Seperti yang telah dikemukakan, manusian masa depan yang harus dihasilkan oleh pendidikan antara lain manusia yang melek teknologi dan melek piker yang keseluruhannaya disebut melek kebudayaan.
Pengembangan pendidikan dalam masyarakat yang sedang berubah dengan cepat haruslah dilakukan secara menyeluruh dengan pendekatan sistematis-sistematik. Pendekatan sistematis adalah pengembangan pendidikan dilakukan secara teratur melalui suatu perencanaan yang bertahap; sedang sistematik menunjuk pada pendekatan system dalam proses berpikir yang mengaitkan secara fungsional semua aspek dalam pembaruan pendidikan tersebut.
Pembangunan manusia Indonesia seutuhnya merupakan kunci keberhasilan bangsa dan negara Indonesia dalam abad 21 yang akan dating. Oleh karena itu, kajian selanjutnya adalah:
1.      Tentutan bagi  Manusia Masa Depan (Manusia Modern)
Dalam pembicaraan tentang perkiraan masyarakat masa depan, secara tersirat telah pula dibicarakan tentang tantangan-tantangan yang akan dihadapi manusia masa depan, seperti: kemampuan menyesuaikan diri dan memanfaatkan peluang globalisasi dalam berbagai bidang, wawasan  dan pengetahuan yang memadai tentang iptek umpamanya melek teknologi tanpa harus menjadi paakar iptek, kemampuan menyaring dan memanfaatkan arus informasi yang semakin padat dan cepat, dan kemampuan bekerja efisien sebagai cikal bakal kemampuan professional.
Tuntutan manusia Indonesia di masa depan, terutama diarahkan kepada pembekalan kemampuan yang sangat diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan di masa depan, yaitu:
1). Ketanggapan terhadap berbagai masalah social politik, cultural dan lingkungan.
2). Kreatifitas di dalam menemukan alternative pemecahan
3). Efisiensi dan etos kerja yang tinggi.
 2.    Upaya Mengantisipasi Masa Depan
Kajian tentang upaya mengantisipasi masa depan melalui pendidikan akan diarahkan pada:
a.       Aspek yang paling berperan dalam individu untuk member arah antisipasi tersebut yakni nilai dan sikap
b.      Pengembangan budaya dan sarana kehidupan
c.       Tentang pendidikan itu sendiri, utamanya pengembangan sarana pendidikan.
a.      Perubahan Nilai dan Sikap
Pembentukan/pengubahan nilai dan sikap dalam diri seseorang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti pembiasaan, internalisasi nilai melalui ganjaran-hukuman, keteladanan, teknik klarifikasi nilai dsb. Perlu ditekankan bahwa hasil belajar berupa nilai dan sikap pada dasarnya adalah hasil intruksional ataupun dampak pangiring. Hasil belajar berupa sikap dan nilai dapat dikategorikan dalam ranah afektif.
Perubahan nilai dan sikap dalam rangka mengantisipasi masa depan haruslah diupayakan sedemikian rupa sehingga dapat diwujudkan keseimbangan dan keserasian antara aspek pelestarian dan aspek pembaruan. Nilai-nilai luhur yang mendasari kepribadian dan kebudayaan Indonesia seyogiyanya akan tetap dilestarikan, agar terhindar dari krisis identitas.
b.      Pengembangan Kebudayaan
Salah satu upaya penting dalam mengantisipasi masa depan adalah upaya yang berkaitan dengan pengembangan kebudayaan dalam arti luas, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan sarana kehidupan manusia. Unsure terakhir tersebutlah yang paling mudah berubah dibandingkan dengan unsure lainnya, akan tetapi, perubahan masyarakat Indonesia dari masyarakat pertanian ke masyarakat industry dan masyarakat informasi telah menyebabkan keseluruhan unsure-unsur tersebut akan mengalami pengaruh yang kuat. Oleh karena itu, manusia Indonesia tidak hanya dipengaruhi budaya setempat tetapi juga menerima berbagai pengaruh budaya dunia. Dalam menghadapi itu, setiap individu diharapakan dapat menyelaraskannya dengan baik, agar dapat menyesuaikan diri dengan dunia yang selalu berubah tersebut dengan berhasil.
c.       Pengembangan Sarana Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam mengantisipasi masa depan, karena pendidikan selalu diorentasikan pada penyiapan peserta didik untuk berperan di masa yang akan dating. Oleh karena itu, pengembangan sarana pendidikan sebagai salah satu prasyarat utama untuk menjemput masa depan dengan segala kesempatan dan tantangannaya.
Khusus untuk menyongsong era globalisasi yang makin tidak terbendung, terdapat bebarapa hal yang memerlukan perhatian khusus dalam bidang pendidikan, yakni
1.      Pendidikan untuk pengembangan iptek, dipilih terutama dalam bidang-bidang vital, seperti manufacturing.
2.      Pendidikan untuk pengembangan keterampilan manajemen, terutama bahasa-bahasa asing yang relevan
3.      Pendidikan untuk mempertinggi mutu tenaga kependidikan dan kepelatihan, termasuk pengelolah system pendidikan formal dan non formal.




Soal jawab
1.      Sebutkan karakteristik umum yang dapat dijadikan petunjuk sebagain ciri masyarakat di masa depan ?
Jawaban :
a)      Kacenderungan globalisasi yang makin kuat
b)      Perkembangan IPTEK yang makin cepat
c)      Perkembangan arus informasi yang semakin padat dan cepat
d)     Peningkatan layanan profesional
2.      Apa yang dimaksud dengan dampak instruksional?
Jawaban : dampak instrusional adalah dampak yang secara sengaja dirancang terjadi dalam pengajaran untuk mencapai tujuan.


















No comments:

Post a Comment