A.
Perkiraan Masyarakat Masa Depan
Pendidikan
selalu berlangsung dalalm latar belakang kemasyarakatan dan kebudayaan
tertentu. Perkembangan masyarakat beserta kebudayaanya sekarang ini makin mengalami
percepatan serta meliputi seluruh aspek kehidupan dan penghidupan manusia.
Percepatan perubahan itu terutama karena percepatan perkembangan iptek,
utamanya teknologi informasi. Perubahan yang cepat itu mempunyai beberapa
karakteristik umum yang dapat dijadikan petunjuk sebagai ciri masyarakat di
masa depan, yaitu:
1.
Kecenderungan Globalisasi
Istilah
globalisasi (asal kata: global yang berarti secara umumnya, utuhnya,
kebulatannya) bermakna bumi sebagai satu keutuhan seakan-akan tanpa tapal batas
administrasi Negara, dunia menjadi amat transparan, penting untuk menjamin
perkembangan dan kelangsungan kehidupan bangsa yang bersangkutan.
Beberapa kecenderungan
globalisassi:
a.
Bidang iptek yang mengalami perkembangan
yang semakin dipercepat.
b.
Bidang ekonomi yang mengarah ke ekonomi
regional dan atau ekonomi glonal tanpa mengenal batas-batas Negara.
c.
Bidang lingkungan hidup telah menjadi
bahan pembicaraan dalam berbagai pertemuan internasional, yang mencapai
puncaknya pada KTT Bumi.
d.
Bidang pendidikan dalam kaitannya dengan
identitas bangsa, termasuk budaya nasional dan budaya-budaya nusantara.
2.
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi
Perkembangan
iptek yang makin cepat dalam era globalisasi merupakan salah satu cirri utama
dari masyarakat masa depan.perkembangan iptek pada akhir abad ke 20 ini sangat
mengesankan, utamanya dalam bidang-bidang transportasi, telokomunikasi dan
informatika, genetika dan sebagainya. Perkembangan iptek terseb,ut dapat
berdampak positif ataupun negative tergantung pada kesiapan bangsa beserta
kondisi social budayanya untuk menerima limpahan infornasi itu. Segi positifnya
antara lain memudahkan untuk mengikuti perkembangan iptek yang terjdi di dunia,
menguasai dan menerapkannya untuk memenuhi kebutuhan pembangunan, sedangkan
segi negatifnya akan timbul apabila
kondisi social budaya belum siap menerima limpahan itu.
3.
Perkembangan Arus Komunikasi yang
Semakin Padat dan Cepat
Salah
satu perkembangan iptek yang luar biasa adalah yang berkaitan dengan informasi
dan komunikasi dsb. Seperti telah dikemukakan bahwa kemajuan itu telah
mendorong perubahan masyarakat dari masyarakat industry menjadi masyarakat
informasi; dan untuk Indonesia, terjadi perubahan yang hamper serentak dari
masyarakat pertanian ke industry dan massyarakat informasi. Sekedar beberapa
contoh pemakaian setelit komunikasi computer, dan sebagainya telah membuka
peluang surat elektronit, surat kabar elektronit, system cetak jarak jauh,
siaran televise langsung dari setelit ke rumah-rumah dll. Seiring dengan itu,
komunikasi antarmanusia yang berbeda dalam latar kebangsaan dan kebudayaan
makin meluas karena kemajuan tranportasi dan telekomunikasi..
4.
Peningkatan Layanan Profesional
Salah
satu cirri penting masyarakat masa depan adalah meningkatnya kebutuhan layanan
professional dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Karena perkembangan iptek
yang makin cepat sserta perkembangan
arus informasi yang semakin padat dan cepat, maka anggota masyarakat
masa depan semakin luas wawasan dan pengetahuannya serta daya kritis yang
semakin tinggi. Oleh karena itu, manusia masa depan tersebut makin menuntut
suatu kualitas hidup yang lebih baik, termasuk berbagai layanan yang dibutuhkan.
Layanan yang diberikan oleh pemangku profesi tertentu,atau prifesional, akan
semakin penting untuk kebutuhan masyarakat tersebut.
Profesi
adalah suatu lapangan pekerjaan dengan persyaratan tertentu, suatu vokasi
khusus yang mempunyai cirri-ciri tertentu: keahlian, tanggung jawab,
kesejawatan. Profesi sebagai suatu
vokasi yang memerlukan teknik dan prosedur kerja yang haurs dipelajari secara
sengaja dan dalam waktu tertentu untuk diabdikan sebagai layanan untuk kemaslahatan
orang lain, serta ditandai oleh ketanggapan yang bijaksana.
B.
Upaya Pendidikan dalam Mengantisipasi
Masa Depan
Pendidikan
berkewajiban mempersiapkan generasi baru yang sanggup menghadapi tantangan
zaman baru yang akan dating. Seperti yang telah dikemukakan, manusian masa
depan yang harus dihasilkan oleh pendidikan antara lain manusia yang melek
teknologi dan melek piker yang keseluruhannaya disebut melek kebudayaan.
Pengembangan
pendidikan dalam masyarakat yang sedang berubah dengan cepat haruslah dilakukan
secara menyeluruh dengan pendekatan sistematis-sistematik. Pendekatan
sistematis adalah pengembangan pendidikan dilakukan secara teratur melalui
suatu perencanaan yang bertahap; sedang sistematik menunjuk pada pendekatan
system dalam proses berpikir yang mengaitkan secara fungsional semua aspek
dalam pembaruan pendidikan tersebut.
Pembangunan
manusia Indonesia seutuhnya merupakan kunci keberhasilan bangsa dan negara
Indonesia dalam abad 21 yang akan dating. Oleh karena itu, kajian selanjutnya
adalah:
1.
Tentutan bagi Manusia Masa Depan (Manusia Modern)
Dalam
pembicaraan tentang perkiraan masyarakat masa depan, secara tersirat telah pula
dibicarakan tentang tantangan-tantangan yang akan dihadapi manusia masa depan,
seperti: kemampuan menyesuaikan diri dan memanfaatkan peluang globalisasi dalam
berbagai bidang, wawasan dan pengetahuan
yang memadai tentang iptek umpamanya melek teknologi tanpa harus menjadi paakar
iptek, kemampuan menyaring dan memanfaatkan arus informasi yang semakin padat
dan cepat, dan kemampuan bekerja efisien sebagai cikal bakal kemampuan
professional.
Tuntutan
manusia Indonesia di masa depan, terutama diarahkan kepada pembekalan kemampuan
yang sangat diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan di masa depan,
yaitu:
1). Ketanggapan
terhadap berbagai masalah social politik, cultural dan lingkungan.
2). Kreatifitas di
dalam menemukan alternative pemecahan
3). Efisiensi dan etos
kerja yang tinggi.
2.
Upaya Mengantisipasi Masa Depan
Kajian
tentang upaya mengantisipasi masa depan melalui pendidikan akan diarahkan pada:
a.
Aspek yang paling berperan dalam
individu untuk member arah antisipasi tersebut yakni nilai dan sikap
b.
Pengembangan budaya dan sarana kehidupan
c.
Tentang pendidikan itu sendiri, utamanya
pengembangan sarana pendidikan.
a. Perubahan Nilai dan Sikap
Pembentukan/pengubahan
nilai dan sikap dalam diri seseorang dapat dilakukan dengan berbagai cara,
seperti pembiasaan, internalisasi nilai melalui ganjaran-hukuman, keteladanan,
teknik klarifikasi nilai dsb. Perlu ditekankan bahwa hasil belajar berupa nilai
dan sikap pada dasarnya adalah hasil intruksional ataupun dampak pangiring.
Hasil belajar berupa sikap dan nilai dapat dikategorikan dalam ranah afektif.
Perubahan
nilai dan sikap dalam rangka mengantisipasi masa depan haruslah diupayakan
sedemikian rupa sehingga dapat diwujudkan keseimbangan dan keserasian antara
aspek pelestarian dan aspek pembaruan. Nilai-nilai luhur yang mendasari
kepribadian dan kebudayaan Indonesia seyogiyanya akan tetap dilestarikan, agar
terhindar dari krisis identitas.
b. Pengembangan Kebudayaan
Salah
satu upaya penting dalam mengantisipasi masa depan adalah upaya yang berkaitan
dengan pengembangan kebudayaan dalam arti luas, termasuk hal-hal yang berkaitan
dengan sarana kehidupan manusia. Unsure terakhir tersebutlah yang paling mudah
berubah dibandingkan dengan unsure lainnya, akan tetapi, perubahan masyarakat
Indonesia dari masyarakat pertanian ke masyarakat industry dan masyarakat
informasi telah menyebabkan keseluruhan unsure-unsur tersebut akan mengalami
pengaruh yang kuat. Oleh karena itu, manusia Indonesia tidak hanya dipengaruhi
budaya setempat tetapi juga menerima berbagai pengaruh budaya dunia. Dalam
menghadapi itu, setiap individu diharapakan dapat menyelaraskannya dengan baik,
agar dapat menyesuaikan diri dengan dunia yang selalu berubah tersebut dengan
berhasil.
c. Pengembangan Sarana Pendidikan
Pendidikan
merupakan salah satu pilar utama dalam mengantisipasi masa depan, karena
pendidikan selalu diorentasikan pada penyiapan peserta didik untuk berperan di
masa yang akan dating. Oleh karena itu, pengembangan sarana pendidikan sebagai
salah satu prasyarat utama untuk menjemput masa depan dengan segala kesempatan
dan tantangannaya.
Khusus
untuk menyongsong era globalisasi yang makin tidak terbendung, terdapat
bebarapa hal yang memerlukan perhatian khusus dalam bidang pendidikan, yakni
1.
Pendidikan untuk pengembangan iptek,
dipilih terutama dalam bidang-bidang vital, seperti manufacturing.
2.
Pendidikan untuk pengembangan
keterampilan manajemen, terutama bahasa-bahasa asing yang relevan
3.
Pendidikan untuk mempertinggi mutu
tenaga kependidikan dan kepelatihan, termasuk pengelolah system pendidikan
formal dan non formal.
Soal
jawab
1. Sebutkan
karakteristik umum yang dapat dijadikan petunjuk sebagain ciri masyarakat di
masa depan ?
Jawaban
:
a)
Kacenderungan globalisasi yang makin
kuat
b)
Perkembangan IPTEK yang makin cepat
c)
Perkembangan arus informasi yang semakin
padat dan cepat
d)
Peningkatan layanan profesional
2. Apa
yang dimaksud dengan dampak instruksional?
Jawaban
: dampak instrusional adalah dampak yang secara sengaja dirancang terjadi dalam
pengajaran untuk mencapai tujuan.
No comments:
Post a Comment